ISO 9001:2000/2008. Mengapa Dianggap Penting?

Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) dengan standar internasional yang saklek, memberikan dampak yang sangat positif bagi perusahaan dengan daya saing yang tinggi, terutama:

  1. Sistem dan prosedur baku yang tedokumentasi dalam instruksi kerja dan terkendali secara konsisten.
  2. Efesiensi proses pelayanan.
  3. Jaminan bagi pelanggan dalam peningkatan pelayanan farmasi maupun standar keja dengan memberikan pelatihan kepada karyawan secara kontinyu.
  4. Menjadi alat marketing yang diakui secara internasional dan layanan lebih kompetitif.

Daya saing produk ditentukan oleh pengelolaan sumberdaya perusahaan hingga mampu memenuhi standar kualitas kepuasan pelanggannya. Untuk mencapai standar kualitas dibutuhkan pengendalian kualitas dari proses input, produksi hingga output serta pemberian jaminan kualitas. Terlebih dalam industri jasa farmasi.

Konsep Sistem Manajamen Mutu (SMM) dengan fokus pada pelayanan prima menjadi sangat penting untuk diimplementasikan. Implementasi tersebut harus didasari dengan pengembangan budaya kerja (budaya perusahaan).

Sistem ISO sendiri sudah sangat relevean dengan Kepmenkes No.1027/Menkes/SK/IX/2004 tanggal 15 Semtemper 2004 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Apotek yang dibuat pemerintah, dengan panduai yang detil, ketat, dan aplikatif yangf dieavalusi secara berkesinambungan terjadwal.

Manajemen Mutu dengan standar ISO, bertujuan dapat memberikan kepuasan kepada pelanggannya dengan prima yang dikontrol melalui Management Review dan Audit baik Internal maupun external oleh auditor bersertifikat dibawah licensi IRCA, sehingga memberikan dampak positif dalam produktivitas perusahaan. Serta selalu dapat melakukan continues improvement.